SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Program Bina Unggul Putri

A. Pengertian dan Latar Belakang

Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi Pekerti Luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Pendidikan Nasional mampu menumbuhkan dan memperdalam rasa cinta tanah air, mempertebal semangat kebangsaan dan rasa kesetiakawanan sosial. Sejalan dengan itu, dikembangkan iklim belajar-mengajar yang dapat menumbuhkan rasa percaya pada diri sendiri serta sikap dan perilaku yang Inovatif dan Kreatif. Dengan demikian, Pendidikan Nasional akan mewujudkan manusia pembangun yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.

Dalam upaya mencapai tujuan Pendidikan Nasional tersebut, sekolah merupakan wadah atau tempat berlangsungnya secara sadar dan terencana proses pendidikan bagi anak didik. Keberhasilan proses pendidikan khususnya di sekolah yang merupakan bagian dari sistem Pendidikan Nasional sangat ditentukan oleh proses pengelolaan pendidikan di sekolah.

Upaya-upaya pengelolaan sekolah meliputi berbagai komponen Sekolah, antara lain:

1.      Pelaksanaan Kurikulum

2.      Peningkatan kualitas dan kuantitas guru serta peserta didik dalam rangka usaha peningkatan pendidikan

3.      Peningkatan kualitas dan kuantitas sarana-prasarana pendidikan guna pemerataan pelayanan pendidikan yang lebih maksimal.

4.      Pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar yang meliputi kegiatan kurikuler dan  ekstrakurikuler.

5.      Pemeliharaan dan pemantapan hubungan sekolah dengan masyarakat.

Keberhasilan Sekolah dalam pengelolaan dan pelayanan administrasi ini dipengaruhi oleh:

1.      Pemahaman personil sekolah terhadap komponen pendidikan.

2.      Kemampuan personil sekolah dalam mengelola komponen pendidikan.

3.      Adanya upaya personil sekolah untuk mendayagunakan semua sarana dan prasarana di Sekolah guna menunjang pelaksanaan kegiatan pendidikan.

SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Program Bina Unggul Putri mengembangkan berbagai inovasi program dan metodologi pembelajaran sesuai dengan tuntutan zaman, hadir membantu peserta didik memasuki masa remaja awal secara kaffah, meningkatkan kecerdasan spiritual, emosional dan intelektual guna mewujudkan generasi islam yang tetap beribadah dan beraqidah serta mempunyai akhlaq yang karimah, dengan menggunakan kurikulum nasional berbasis syari’ah diharapkan siswa terbiasa dengan suasana lingkungan islami.

Program Kerja Tahunan merupakan penjabaran dari rencana Induk Pengembangan Sekolah berupa jadwal kegiatan dalam satu tahun, baik pekerjaan rutin maupun perbaikan dan pengembangan Sekolah. Oleh karena itu, ketertiban semua personil sekolah mempunyai kontribusi besar untuk mewujudkan Program kegiatan ini, sehingga dalam pelaksanaan Program Kerja SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Program Bina Unggul Putri Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat berjalan dengan baik, lancar serta mencapai sasaran dan tujuan yang hendak dicapai.

Kegiatan penyelenggaraan pendidikan dalam pengelolaan SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Program Bina Unggul Putri, meliputi:

a.       Umum, meliputi bidang keorganisasian, termasuk surat-surat keputusan, peraturan-peraturan, petunjuk pelaksanaan teknis, struktur organisasi vertikal maupun horizontal.

b.      Kurikulum, meliputi masalah teknis edukatif/ kegiatan belajar-mengajar.

c.       Ketenagaaan, meliputi guru, tenaga tata usaha, pelayan siswa seperti pengelolaan laboratorium, perpustakaan, BP/BK, dan sebagainya.

d.      Ketatausahaan, meliputi surat-surat, pengembangan pegawai, administrasi kesiswaan, pengarsipan, dan sebagainya.

e.       Sarana dan Prasarana, meliputi gedung dan alat-alat yang digunakan untuk administrasi kegiatan belajar-mengajar.

f.        Pembiayaan, meliputi sumber dana dan bantuan lainnya.

g.       Kesiswaan, meliputi kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler seperti: OSIS, Hizbul Wathon (HW), Halaqoh, Arabic dan English Club, Pesantren Kilat, BTQ, Tahfidzul Qur’an, Kaligrafi, Tilawatil Qur’an dan sebagainya.

h.       Hubungan dengan masyarakat, meliputi komunikasi dengan masyarakat, Dewan Sekolah, dan Intansi-intansi kaitannya dengan sekolah.

i.         Pengawasan dan Evaluasi, dikenal dengan istilah Pengawasan Melekat (Pengawasan Langsung/ Built ON Control) yang meliputi keuangan, kerja Tata Usaha, Efektivitas penggunaan sarana, Efisiensi kegiatan guru dan sebagainya.

B. Landasan Kerja

Yang menjadi dasar dalam penyusunan Program Kerja SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Program Bina Unggul Putri Tahun Pelajaran 2010/ 2011 adalah:

1.      Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 054/U/1993 tentang Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.

2.      Kebijakan Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah.

3.      Kebijakan Sekolah dan Dewan Sekolah SMP Muhammadiyah 8 Surakarta.

 

C. Tujuan

Tujuan yang hendak dicapai dengan penyusunan Program Kerja Tahunan ini, antara lain:

1.      Memberikan petunjuk pelaksanaan kegiatan sekolah dalam satu tahun.

2.      Memudahkan pelaksanaan supervise dan evaluasi guna perbaikan dan pengembangan untuk tahun-tahun berikutnya.

3.      Kegiatan lebih terarah dan dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif mungkin.

 

D. Ruang Lingkup Program

Program Kerja SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Program Bina Unggul Putri Tahun Pelajaran 2010/2011, meliputi:

1.      Umum

2.      Kurikulum

3.      Ketenagaan

4.      Ketatausahaan

5.      Sarana dan Prasarana

6.      Pembiayaan

7.      Kesiswaan

8.      Hubungan dengan Masyarakat

9.      Pengawasan dan Evaluasi

 

Iklan
%d blogger menyukai ini: