Program Kerja Tahun 2010-2011

A. PROGRAM KERJA

  1. Organisasi Sekolah

Adapun yang menjadi skala prioritas program yaitu:

a.       Meningkatkan pelaksanaan organisasi sekolah

Memiliki arsip dokumen dan surat penting yang berhubungan langsung dengan pelaksana operasional.

b.      Menumbuhkan pengertian dalam pelaksanaan ketahanan sekolah

Warga sekolah memahami tugas dan wewenangnya dalam melaksanakan kewajibannya.

 

  1. Kurikulum

SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Program Bina Unggul Putri menggunakan kurikulum Pendidikan Nasional dan Kurikulum DEPAG yang dikombinasikan dengan program pesantren untuk mewujudkan sistem pembelajaran yang maksimal.

Penyelenggaraan kurikulum menyangkut kegiatan-kegiatan sebagai berikut (lihat lampiran):

a.       Menyusun program pembelajaran

b.      Menyusun pembagian tugas guru

c.       Menyusun jadwal pelajaran

d.      Menyusun jadwal evaluasi belajar

e.       Menetapkan kriteria persyaratan naik/tidak naik kelas, dan tuntas/tidak  tuntas

f.        Menetapkan jadwal penerimaan buku laporan pendidikan

g.       Mengkordinasikan dan mengarahkan penyusunan administrasi pembelajaran

h.       Menyediakan buku kemajuan siswa

i.         Menyusun laporan pelaksanaan pelajaran

 

 

 

Adapun yang menjadi skala prioritas program yaitu:

1)      Meningkatkan pelaksanaan kurikulum

  • Semua tenaga edukatif diwajibkan menguasai kurikulum dan inovatif.

2)      Meningkatkan kemampuan melaksanakan kegiatan belajar-mengajar

  • Guru wajib menyiapkan bahan pelajaran dan memiliki kesiapan mengajar sesuai tuntunan kurikulum yang berlaku.
  • Melaksanakan kegiatan belajar-mengajar sesuai dengan alokasi waktu.
  • Guru mengetahui dan menggunakan berbagai metode dan media pendidikan yang tepat.

3)      Meningkatkan prestasi belajar siswa.

  • Meningkatkan peran wali kelas dalam proses belajar-mengajar, yakni sebagai pengelola, pengurusan, dan pengumpulan dokumen kelas.
  • Meningkatkan peran BP/BK dalam proses belajar-mengajar, terutama  masalah kualitas ibadah dan belajar.
  • Meningkatkan fungsi dan peranan Laboratorium Science dan Laboratorium komputer dalam menunjang keberhasilan KBM.

  1. Ketenagaan

Adapun yang menjadi skala prioritas program yaitu:

a.       Peningkatan pendayagunaan tenaga yang ada.

b.      Setiap petugas harus mengetahui peranan dalam bidang pekerjaannya masing-masing.

 

  1. Ketatausahaan

Tata usaha sekolah mempunyai tugas melaksanakan ketatausahaan sekolah yang meliputi kegiatan berikut ini:

a.       Pengelolaan keuangan sekolah

b.      Penataan administrasi guru dan siswa

 

 

 

 

Administrasi Guru Administrasi Siswa
1)  Formasi pegawai

2)  Pemberian gaji berkala

3)  Permintaan izin cuti

4)  Daftar mutasi

1)  Penerimaan siswa baru

2)  Kehadiran siswa

3)  Pengelompokan belajar siswa

4)  Program bimbingan konseling

c.       Penyusunan administrasi perlengkapan sekolah

d.      Penyusunan dan penyajian data/statistik sekolah

e.       Penyusunan laporan pelaksanaan ketatausahaan secara berkala

 

  1. Sarana/ Prasarana

Adapun yang menjadi skala prioritas program yaitu:

a.       Menambah sarana dan prasarana yang belum tersedia

b.      Memanfaatkan sarana yang ada semaksimal mungkin

c.       Memenuhi sarana yang belum tersedia

 

  1. Kesiswaan

Adapun yang menjadi skala prioritas program yaitu:

a.       Pengorganisasian siswa

  • Ada pembagian tugas dan wewenang dalam pembinaan kesiswaan.
  • Peningkatan pembinaan kesiswaan berdasarkan program kerja yang jelas dan terarah.

b.      Kelompok belajar

Menyusun kelompok belajar yang dapat menunjang aktivitas belajar siswa.

c.       Pengadministrasian pembinaan kedisiplinan

Menyusun administrasi pembinaan kedisiplinan melalui indikator kehadiran siswa.

d.      Kegiatan ektrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan berdasarkan program yang jelas dan terarah serta tidak mengganggu kegiatan belajar.

e.       Peranan guru dan wali kelas dalam pembinaan kesiswaan

Memiliki program kegiatan pelaksanaan pembinaan kesiswaan dengan halaqoh/mentoring.

 

 

  1. Hubungan dengan Masyarakat

Adapun yang menjadi skala prioritas program yaitu:

  • Menumbuhkan pengertian dan tanggung jawab pendidikan dikalangan masyarakat.
  • Mensosialisasikan program sekolah melalui rapat orang tua.

 

  1. Pengawasan dan Evaluasi

Adapun yang menjadi skala prioritas program yaitu:

  • Pengawasan dilaksanakan secara periodik sesuai dengan fungsi dan kepentingannya.
  • Pemantapan hasil pengawasan/evaluasi.

 

Selain program kerja yang menyangkut keorganisasian, terdapat juga program unggulan atau program khusus, diantaranya:

1. Program Pendidikan

Alokasi kegiatan Belajar-mengajar di SMP Muhammadiyah Program Bina Unggul Putri adalah sebagai berikut:

a.       Kurikulum Agama Islam, meliputi Qur’an Hadits, Tauhid, Akhlaq, Fiqih, Siroh Nabawiyah, Bahasa Arab dan Kemuhammadiyahan.

b.      Kurikulum Nasional, meliputi: Implementasi PP No 19 Tahun 2008 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Kurikulum KTSP.

c.       Program Khusus, meliputi: Qiro’atul Qur’an, Tahfidzul Qur’an, Ulumul Qur’an/ Hadits, Muhadatsah, Fiqih Wanita, Tarbiyatul Aulad, Penerapan 2 bahasa asing (arab dan inggris).

 

2. Program Unggulan

a.       Tahfidzhul Qur’an

Program ini bertujuan untuk mencapai target lulusan yang mampu menghafal Al-Qur’an 1 Juz/Tahunnya, kelulusan siswa minimal akan mempunyai hafalan 3 Juz dengan bacaan sesuai tajwid yang baik dan benar.

b.      Islamic Life Skill

Membiasakan siswa dalam melaksanakan amal ibadah harian agar menjadi kesadaran yang tidak hanya dikerjakan di sekolah tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

c.       Halaqoh/ Mentoring

Pertemuan rutin yang tergabung dalam beberapa kelompok dengan seorang Murobbi/yah dengan sistem manajemen EQ dan ESQ sebagai dasar untuk mengembangkan potensi spiritual diharapkan siswa mampu menyelesaikan permasalahan (problem solving) yang dihadapi baik di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari

d.      Teknologi Informatika dan Komputer

Menjadikan komputer sebagai alat pembelajaran interaktif. Melalui penggunaan teknologi informatika diharapkan dapat memperluas pengetahuan siswa dan mempermudah dalam belajar.

e.       Kunjungan Ilmiyah siswa (Outing Class)

Pembelajaran siswa di luar kelas dapat menambah pengetahuan dan pengalaman siswa dalam belajar, dapat diadakan di pusat pembelajaran seperti pondok pesantren, pusat penelitian, ataupun perguruan tinggi.

f.        Arabic dan English club

Program ini bertujuan meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan dua bahasa asing, adapun masa orientasi siswa dalam perbendaharaan kosa kata selama enam bulan, selanjutnya Arabic dan English Club akan dilaksanakan secara aktif dan komunikatif setiap 1 bulan sekali agar dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari.

 

3. Target Kelulusan

Dengan adanya program khusus dan unggulan, maka target kelulusan yang ingin dicapai adalah:

a.       Kognitif

  • Siswa memperoleh ketuntasan belajar dalam setiap materi
  • Siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang benar
  • Siswa mampu menghafal Al-Qur’an minimal 3 Juz dalam 3 tahun
  • Siswa mampu menghafal hadits dan do’a harian

b.      Afektif

  • Siswa bersikap santun terhadap guru, orang tua dan masyarakat
  • Siswa terbiasa dengan suasana islami dan mampu mengkondisikan lingkungan
  • Siswa mampu bekerja sama dan memiliki rasa ukhuwah islamiyah

c.       Psikomotorik

  • Siswa mampu memahami peran penting wanita dalam kehidupan sehari-hari
  • Siswa mampu berkomunikasi dan menyampaikan pikiran dengan bahasa yang baik
  • Siswa terbiasa dengan penuh kesadaran melakukan ibadah harian wajib dan sunnah
Iklan
%d blogger menyukai ini: